PENJARINGAN KESEHATAN DAN PEMERIKSAAN BERKALA DI SMP N 3 LUMBIR

Dilihat : 198 Kali, Updated: Rabu, 05 Desember 2018
PENJARINGAN KESEHATAN DAN PEMERIKSAAN BERKALA DI SMP N 3 LUMBIR

Penjaringan dan pemeriksaan kesehatan berkala terhadap peserta didik merupakan salah satu indikator standar pelayanan minimal bidang kesehatan yang menjadi urusan wajib bagi pemerintah daerah. penjaringan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan perserta didik makan perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala. Kegiatan Penjaringan dan pemeriksaan berkala ini dilaksanakan melalui wadah usaha sekolah (UKS).

tujuan umum dari penjaringan dan pemeriksaan berkala ini yaitu untuk mendeteksi lebih dini masalah kesehatan peserta didik, sehingga apabila terjadi masalah segera ditindak lanjuti, selain itu juga guna untuk tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik,maupun untuk dijadikan pertimbangan dalam menyusun program pembinaan kesehatan disekolah.

kegiatan penjaringan di SMP Negeri 3 Lumbir di bantu oleh mahasiswa Co-Ass dari Universitas Jendral Soedirman (UNSUD) dari fakultas Kedokteran Gigi & Mulut. Lokasi SMP Negeri 3 Lumbir yang berada di Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, akses jalan ke SMP Negeri 3 Lumbir yang lumayan jauh dari Kantor Puskesmas sehingga untuk sampai di sana menggunakan mobil ambulan strada Puskesmas yang mendukung untuk medan yang cukup susah untuk di lalui oleh kendaraan biasa. 

 

Antusias dari para perserta didik sangat luar biasa, pemeriksaan dilakukan dari Kelas 7, 8 di SMP Negeri 3 Lumbir yang nantinya akan didapat riwayat kesehatan para peserta didik. semoga dengan dilakukan kegiatan berkala ini semakin meningkatkan kesadaran para generasi muda untuk selalu berperilaku hidup sehat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar